Tuesday, January 12, 2010

Posted by Amru

Hal-hal yang sngata perlu ketahui saat perang terjadi

Ember bisa memicu perang?

Pada tahun 1325,sekelompok pria mencuri sebuah ember dari negara Modena.Italia,mencuri sebuah ember kayu dari negara Bologna.Ini menyebabkan perkelahian diantara 2 kelompok yang berlanjut dengan perang selama 12 tahun.

Pertandingan Sepak Bola memicu perang?

Suporter kesebelasan El Salvador dan Honduras terlibat perkelahian dalam sebuah pertandingan sepak bola tahun 1961.Perkelahian ini menjadi cukup serius dan berkembang menjadi perang besar antara ke dua negara tersebut.

Penemu Meriam

Darimana tepatnya meriam berasal masih belum jelas,tapi hampir bisa dipastikan kalau meriam itu sikembangkan di Eropa.Refensi tertua senjata itu berasa dari abad ke-14.Penggunaan pertama dalam perang adalah di perang Crecy dan serangan terhadap Cakais tahun 1346-1347.

Meriam Kuno terbuat dari apa?

Laras meriam kuno terbuat dari kayu yang dilapisi kulit,diperkuat dengan pita besi.Meriam itu menembakkan batu.

Mengapa Tentara Menghormat?

Pada zaman pertengahan,sudah menjadi kebiasaan bagi para kesatria bersenjata untuk mengngkat klep depan topi besinya ketika bertemu seseorang sebagai tanda penghormatan dan persahabatan.Walaupun tentara modern tidak memakai klep topi besi seperti tentara masa lalu,tapimenganggkat tangna kekepala masih dilakukan sebagai tanda penghormatan.

Darimana pasukan tertua di dunia?

Pasukan bersenjata tertua di dunia adalah Swiss Guard di Vatican City,Roma,Italia.Pasukan ini dibentuk sekitar abad ke-15.

Apa yang disebut dengan Maginot Line?

Dinamai seperti Andre Maginot(Menteri perang Prancis),garis pertahanan ini dibanguan antara1929-1934 di sepanjang perbatasan Prancis dengan Luxembourg dan Swiss.Ketika bangsa Jerman menduduki Prancis tahun 1940,mereka masuk lewat Belgia,wilayah yang tidak dilindungi oleh Maginot Line.

Bagaimana terjadinya The Wars of Jenkin's Ear?

Pada 9 April 11731,penjaga panatai Spanyol menaiki kapal Rebecciang kapal di lepas pantai Havana,Kuba.Mereka memotong telinga kapaten kapal,Robert Jenkins,dan mengikatnya di tiang kapal sebelum membiarkan nnya terkatung katung di tengah laut.Pada tahun 1738,dia menceritakan kisahnya di House of Commons Inggris yang kemudian memberi persetujuan untuk mengadakan perag dengan Spanyol yang berlangsung antara 1739-1742.Perang ini kemudain dikenal sebaggai The war of Jenkins's ear.

Pemberontakan apa yang terjadi pada Kapal Bounty?

Pada tahun 1787,Kapten William Bligh memimpin pelayaran HMS Bounty ke Pasifik selatan.Dia sangat keras sehingga awak akapalnya memberontak dan memaksanya terkatung katung dengan hanya 18 awak.Para pemberontak kemudan menetap di Tahiti dan Pulau Pitcairn.Sebagian keturunan mereka masih tinggal disana.

Siapa pemimpin pemberontakan Di Bounty?

Fletcher Chirstian,kelasi di HMS Bounty,memipin pemberontakan melawan kepemimpinan keras Kpaten Bligh.Setelah pemberontakan,Chirstian menetap di pulau Pitcairn di Pasifik.

Bagaiman nasib kapten Bligh?

Setalah dibiarkan terkatung katung oleh awak kapalnya,Bligh berlayar 5.882 km ke Pulau Timor Nusa Tenggara.Mereka berhasil melakukannya tanpa peta dan hanya denga sedikit makanan.Setelah kembali ke Inggris,Bligh melaporkan pemberontakan itu.Tahun 1805 dia terpilih menjadi Gubernur New South Wales,Australia,dimana ia juga menerapkan disiplin yangamata keras sehingga terjadi lagi pemebrontakan pada 1808.Saat kembali ke Inggris dia behasil menjadi Admiral.

Bagaiman Ayam Jantan membantu memenangkan peperangan?

Selama Perang St Vincent 1797,Kapal Inggris HMS Malrborough rusak berat sehingga awak akapalnya mempertimbangkan untuk menyerah.Kapten dan Letnannya terluka parahdan kapalnya sudah tak bertiang lagi.Lalu sebuah tembakan dari kapal Spanyol menghantam kandang ayam di dapur kapal.Seekor ayam jantan yang tiba iba bebas mengibaskan sayap dan berkokok sangat sewmangat,awaka kapal pun menjawab tiga kali kokokan itu dengan semngat dan kembali ke pertempuran dengan semngat baru.

Apa perang tersingkat dalam sejarah?

Pada pukul 09.02 tanggal 27 Agustus 1896,Inggris menyatakan perang melawan Zanzibar.Setelah 38 menit di bombardir,Sultan Zanzibar menyerah.

Apa perang terlama dalam sejarah?

The Hundred Years's War(Perang 100 tahun)antar Prancis dan Inggris pada tahun 1337.Meski dikenal sebagai pernag 100 tahun tapi sebenarnya pernag ini berlangsung selama 116 tahun.

Sepanci Sup menyelamatkan kota dari serangn musuh?

Selama pengepungan Jenewa,Swiss,pada abad ke-16,seorang ibu rumah tangga mendengar kalau musuh sedang memanjat tembok kotanya.Dia berusaha mencegah mereka dengan menyiramkan sepanci sup panas ke arah mereka.

Apa yang dimaksud dengan Garis Mason-Dixon?

Garis Mason-Dixon adalah perbatasan yang memisahakan negara negara bagian selatan dan utara sebelum Perang Sipil di Amerika.Garis ini dibuat oleh keluarga Penn di Pennsylvania dan keluarga Calvert yang memiliki Maryland.Kedua keluarga itu selalu bertengkardimana seharusnya batasitu berada.Akhirnya,merekasepakat untuk memperkerjakan 2 org inggris,Charles Mason dan Jeremiah Dixon,untuk mengawasi perbatasan.Pekerjaan itu berkhir tahun 1767,dan masih digunakan sebagai perbatsan antara negara bagiab Mary land,Pennyslavia dan West Virgina

0 comments:

Post a Comment

Labels